[Artikel Opini] Es Krim Tidak Menyehatkan: Mitos atau Fakta?

Penulis: Halla Puspita Yuri
Editor: Halla Puspita Yuri

Seringkali orang tua melarang anaknya menikmati es krim karena takut mengalami flu atau batuk. Tidak jarang juga ditemui orang-orang dengan pemikiran jika ia takut program diet yang dijalaninya mengalami kegagalan. Benarkah es krim dapat membuat seseorang menjadi sakit atau menambah berat badan?


Es krim Frozen Icy Dessert

Setelah makan es krim atau meminum minuman dingin, kadang-kadang Anda jadi terbatuk-batuk. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan suhu yang menyebabkan saluran pernapasan iritasi. Namun, penyebab lainnya bisa jadi karena produk olahan susu memengaruhi air liur dan membuat lendir kental sehingga bagian belakang tenggorokan mengalami iritasi.

Menurut para ahli, es krim bisa menyebabkan batuk jika terbuat dari susu dan krim nonpasteurisasi. Es krim tersebut tidak higienis, tidak bermerek, dan terbuat dari bahan-bahan yang tidak berkualitas. Berbeda dengan produk-produk es krim dari Frozen Icy Dessert (FID) yang telah lulus uji Jaminan Keamanan Pangan Sistem HACCP dan lulus uji BPOM.

FID hanya menggunakan bahan baku bersifat alami yang diolah dengan teknologi Jepang agar menghasilkan citarasa yang berbeda. Beberapa bahan alami yang digunakan adalah jagung untuk membuat cone dan susu sapi murni untuk membuat es krim. Tekstur es krim yang lembut namun tidak mudah mencair ini yang menjadi favorit Icy Icers (konsumen FID).

Teknik pengolahan es krim dari FID pun cukup unik, salah satunya shiotzuke atau teknik yang merendam daun dan kelopak bunga Sakura di dalam air garam dan diolah sedemikian rupa. Hasilnya adalah perpaduan rasa manis alami bunga dan asin dalam es krim FID rasa Sakura (Cherry Blossoms) edisi terbatas yang hanya dijual selama masa promosi Pink Treats.

Poster Pink Treats

Selain menyebabkan batuk, es krim juga dicurigai sebagai penyebab seseorang sakit flu. Flu adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus maupun infeksi bateri, bukan es krim. Russell Steele, MD selaku Wakil Ketua Department of Pediatrics di Louisiana State UniversitySchool of Medicine, New Orleans, mengatakan jika es krim berfungsi lebih baik dibanding makanan lain untuk meredakan rasa nyeri akibat infeksi virus tersebut.

Tidak hanya Russell yang menganggap es krim memiliki pengaruh positif. Seorang health coach dari komunitas Sehati bernama Emilia E Achmadi, MSc memberikan sebuah pernyataan saat ia menghadiri pertemuan Food Editor’s Club di Birdcage Café, yaitu anak yang sehat tidak akan dirangsang menjadi sakit hanya karena makan es krim.

Lantas, bagaimana dengan anggapan jika es krim bisa membuat seseorang menjadi gemuk karena banyaknya lemak yang dikandung es krim? Hidangan dingin tersebut memiliki pola gizi yang cukup seimbang. Es krim hanya mengandung 42 persen lemak. Kandungan lain es krim bermanfaat bagi kesehatan, antara lain seperti karbohidrat sebanyak 52 persen dan protein sebanyak 6 persen.

Es krim dengan komposisi yang tidak berlebihan dalam pengunaan bahan baku gula, telur, maupun susu murni tidak akan membuat seseorang menjadi gemuk. Porsi lemak, karbohidrat, dan protein yang pas membuat es krim bisa menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh.

Kalsium, fosfor, tiamin, riboflavin, niacin, dan beragam vitamin mulai dari vitamin A, B-6, B-12, C, D, E, dan K yang ada di dalam es krim juga membuatnya menjadi santapan yang bisa digunakan sebagai sumber vitamin dan mineral yang lezat.

Es krim bukanlah penyebab seseorang mengalami flu, batuk, maupun mendapatkan tambahan berat badan. Banyak manfaat yang bisa didapatkan tubuh jika tidak berlebihan saat mengonsumsi es krim. Anda akan bahagia jika mendapatkan berbagai manfaat dari es krim, bukan? Ingatlah bahwa kebahagiaan tidak dapat dibeli, tapi Anda bisa membeli es krim untuk membuat diri bahagia. (HPY)

Advertisement
Poster Grand Opening Frozen Icy Dessert cabang Pluit


Total 545 kata. Informasi dalam berita ini adalah FIKTIF. Berita dibuat sebagai salah satu tugas untuk menyelesaikan Ujian Akhir Semester mata kuliah Media Online. Terima kasih atas pengertiannya.
Share:
spacer

2 comments:

  1. Wahh~,artikelnya keren banget.. Bagus untuk menambah wawasan,baru tau loh ternyata ga semua es krim bisa bikin batuk

    ReplyDelete
  2. Wah informatif banget! Baru tau es krim punya banyak manfaat kayak gitu, sekarang lagi deh nolak kalo diajak makan es krim, apalagi es krim Sakura dari FID! Makasih buat sharing info ini 💕

    ReplyDelete